Seni Budaya

SENI BUDAYA

Secara umum kebudayaan banyak diartikan sebagai hasil karya manusia yang lahir dari cipta, rasa dan karsa. Seluruh penggambaran, apersepsi, persepsi,pengamatan, konsep, dan fantasi merupakan unsur pengetahuan yang secara sengaja dimiliki seorang individu. Namun semua itu bisa hilang dari akalnya yang sadar yang disebabkan oleh berbagai hal yang sampai saat ini masih dipelajarioleh ahli psikologi.

Kebudayaan adalah hasil karya cipta manusia. Kegiatan dalam masyarakat yang berkembang menjadi pola kehidupan dan menjadi ciri khas dari masyarakat disebut juga kebudayaan. Dari pola kehidupan tersebut dihasilkan suatu karya yang sangat indah disebut seni. Seni dan budaya berkembang seiring dengan waktu. Pada zaman dulu, setiap suku bangsa mempunyai adat istiadat yang mereka junjung tinggi. Adat istiadat merupakan warisan dari nenek moyang yang masih dipelihara sampai sekarang dan dikenal sebagai budaya tradisional yang adakalanya dicampur adukan dengan nilai-nilai religi.

Dalam masa kini sangatlah disayangkan mengingat di kalangan masyarakat tertentu masih sulit membedakan mana budaya dan mana pula yang bukan budaya katakanlah nilai-nilai religi. Sebagai contoh masih banyak yang mencampur adukannya nilai-nilai budaya yang diadopsi sebagai bagian dalam amalan religi. Hal ini akan mensamarkan kaidah hukum dalam ketentuan Religius masyarakat luas. Khususnya bagi kalangan mayoritas muslim, hal tersebut akan mencemari kaidah fikih yang sebenarnya, bahkan tidak mustahil nantinya akan menimbulkan kemusyrikan bagi yang melaksanakannya. Hanya sayangnya mereka tidak menyadarinya bahwa amalan termaksud itu sangatlah bertentangan dengan Aturan Ilahiah yang sebenarnya. Wallahuu A’lam bishowaf. (Bizisarstudio,8 okt 2011)

Tinggalkan Pesan Anda di sini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: