BACAAN RINGAN USL 2014


RINGKASAN BARU

BACAAN RINGAN MENGENANG APA YANG TELAH DIPAHAMI

TENTANG SEKELUMIT SENI RUPA

Analogues adalah deretan warna sejenis yang disusun secara berdekatan hue-nya

Aliran / Gaya senpaling Yang sempat terkenal diantaranya Realisme, Impresionisme, Ekspresionisme,  kubisme, Naturalisme,  Romantisme, Surealisme.

Untuk jelasnya pahami penjelasan ini!

  • Realisme adalah aliran corak lukisan yang bercirikan penampilan objek apa adaya / sama dengan keadaan aslinya / tidak diperbagus tokohnya Gustave Courbert ( Realis > < Romantisme & Naturalisme) ,
  • (Impresionisme adalah lukisan alam yang bercirikan penyelesaian lukisan terkesan blur tampilan pemandangan alamnya terkesan ditutupi / di halangi selaput kabut / Agak lukisanya. serba tidak jelas. Tokoh seniman Impresionisme adalah semua seniman dari kelompok Barbizon.) ,
  • (Ekspresionisme adalah lukisan ekspresif / arahan isi hati untuk Sarana pemuas imajinasi pelukis. Aliran Ekspresionisme bercirikan Aaretan garis / warna serbu spontan dan lugas, tampilan sekilas acak-acakan. Tokoh senimannya Vincent Van gogh, Affandi),
  • (kubisme adalah Corak bojeh lukisan yang dibuat berdasarkan bentuk bidang geometri (bidang persegi, bidang bulat / lingkaran, segitiga) tokoh semuanya Pablo Picasso),  (Naturalisme adalah karya lukis dengan tema Alamiah termasuk dsjek manusia dan hewan cirinya ada penambahan unsur estetis / upaya memperindah objek Contoh Lukisan pemandangan, lukisan Monalisa-Leonordo da Vinci,
  • ( Romantisme adalah aliran karya seni yang bercirikan penuh Luapan perasaan Romantis, suka, sedih, senang, getir, khawatir, waswas,Kegetiran, ketegangan, emosi, kesedihan, pertentangan  serta pertentangan gejolak kejiwaan yang terpancarkan pada karyanya. tokoh Raden saleh-perta seekor banteng dengan seekor harimau, Rakit medusa, Badai Galile),
  • Surealisme adalah aliran seni yang menampilkan objek gaib dari dunia khayalan tentang makhluk gaib dewa dewi, atau wujud malaikat, atau makhluk menyeramkan  seniman surialisme yang paling terkenal adalah Salvador Dally)

Batik termasuk karya seni dua Dimensi yang menggunakan canting sebagai alat tulisnya. Dari segi wujudnya tentunya sama halnya dengan karya gambar lainya seperti karikatur, kartun, gambar bentuk, skets, dan janis   gambar lainya

Bentuk patung terdiri atas Bentuk Boss, Torso, Zonde, Boss merupakan patung Kepala sampai bagian dada, Zonde merupakan jenis patung yang sedang jongkok, Torso merupakan bentuk patung dari pinggang sampai Leher ( patung Dada)

Berdasarkan para ahli seni dari masa ke masa dapat disimpulkan bahwa seni itu sangat dinamis karena setiap tokoh memberikan devinisi yang sangat dinamis, bervariatif, namun demikian esensialnya tetap sama yaitu seni adalah seni sebagai tiruan esthetic alamiah atau lebih dhenal dengan Teorinya “Mimesis”. Teori mimesis ini dikemukakan oleh Plato.

Cikal bakal terlahirnya kelompok seniman Barbizon di zaman Renaisance akhir merupakan kelanjutan Proses Kreatifitas Seniman Kelompok Studio yang merasa jenuh berkreatifitas dalam istana saat itu. Kelompok seniman ini kemudian dikenal orang dengan sebutan kelompok seniman Pengembara / Barbizon

Gambar bentuk kubistis bercirikan bentuk benda kubistis seperti kubus, balok, kotak, Rumah konvensional.

Gambar yang garapan bentuknya dan karakternya dibuat lucu  kita kenal dengan corak gambar kartun ( cartoon), sedangkan gambar yang berobjek tokoh masyarakat atau pemimpin dalam bentuk objek dengan karakter Lucu dan bertujuan untuk mengkritik tokoh tersebut di namakan gambar Karikatur.

Komposisi adalah Susunan atau tata letak dari benda yang kita gambar, sehingga terlihat lebih dinamis nilai keseimbangannya antara besar objek dan bidang kertas yang kita gunakan

Kebudayaan terbentuk atas Tujuh unsur universal yaitu: Bahasa, Pengetahuan, Organisasi Sosial, Teknologi, Ekonomi, Relizi, Kesenian. Ketujuh unsur ini dapat diambil inti sarinya dalam perwujudan Cipta, Rasa dan Karsa

Media iklan dapat di sebut juga Reklame. Reklame dikelompokan menjadi tiga tahanan utama. Kesatu Reklame Visual, Kedua Audio, ketiga Reklame Audio Visual.

Reklame Visual Contohnya  Baligo, spanduk, Selebaran,  poster.
Untuk lebih jelas pahami penjelasan ini:

  • Baligo ( sejenis poster  berangka besi atau papan yang dibuat dalam ukuran yang sangat besar).
  • Spanduk ( media iklan yang terbuat dari bahan sejenis kain dalam ukuran besar dan memanjang sehngga cara pemasangannya dengan direntangkan ditempat umum.).
  • Selebaran ( Reklarne yang dibuat pada Iembaran kertas  dan disampaikan dengan cara langsung dibagi-bagikan pada setiap orang).
  • Poster  ( media iklan yang terbuat dari lembaran kertas yang  ditempelkan pada dinding dan ukurannya biasanya lebih besar dari selebaran).( booklet yaitu buku yang memuat isinya tentang kumpulan iklan yang dibukukan)

Pameran Karya seni biasanya memiliki fungsi sebagai: apresiatif, edukasi, adapun yang dimaksud

  • fungsi apresiatif adalah media untuk memberik penilaian, tanggapan baik tidaknya suatu karya dengan tujuan utamanya untuk melestarikannya. Sedangkan
  • fungsi edukasi adalah untuk menambah wawasan keilmuan masyarakat tentang seni.

Dalam kegiatan pameran biasamya ditunjang oleh sarana pendukung berupa Buku tamu, buku katalog yang memuat tentang: Kegiatan Pameran (Tempat dan Waktu), Data Karya yang dipamerkan , beserta Biodata Seniman.

Para seniman Lukis Indonesia khususnya Ahli Gambar Indonesia untuk dapat memupuk rasa cinta Budaya sendiri sebagai sebagai pengenal ciri bangsa Indonesia hal ini merupakan latar belakang lahir PERSAGI ( Perkumpulan Ahli Gambar Indonesia di era 1938)

Pusat kerajinan dan seni yang sangat terkenal Sukaregang  Garut- Kerajinan kulit, Cibaduyut Bandung – Kerajinan Sepatu kulit, Yogyakarta jawa Tengah – kerajinan ukiran  perak.

Seni Murni merupakan karya seni yang orisinal dibuat dengan dilandasi kejiwaan dan landasan Philosophyis yang tidak dapat dipalsukan. Karya seni ini bukan hasil peniruan atau Imitasi dari karya yang telah ada, Karena imitasi adalah salah satu insting alam tiruan yang bertolak belakang dengan dengan semangat seni tersebut. Walaupun diwarnai kekayaan harmoni dan ritme menjadi sebuah bagian  sangat dinamis. Dalam hal ini kebanyakan Manusia, memulainya dari hadiah alam yang kemudian dikembangkan dengan sifat masing-masing, hingga kemudian improvisasi-improvisasi yang mereka buat hanya melahirkan seuatu yang sifatnya orignal, dengan demikian nantinya karya yang telah dibuat tidak boleh dibuat kembali sehingga hasil karyanya hanya dimiliki oleh satu orang saja. Inilah yang mengakibatkan karya seni original dipasaran memiliki nilai yang sangat tinggi.

Stylasi adalah cara memperindah suatu bentuk gambar dengan mengubah bentuk alami menjadi bentuk yang lebih dinamis dari bentuk dekoratif yang ada. Contoh stylasi flora ( Flora = tumbuh)

Teknik penyelesaian gambar dapat dilakukan dengan cara mengusir. Cara menyarsir dilakukan dengan: Dusell ( dengan gosokan serbuk warna atau goresan pencil yang direbahkan), pointilistik adalah arsiran dengan titik – titik ).

Teknik gambar dengan Tempelan diantaranya Mozaik, Kolase, Montase. Mozaik memiliki ciri: tempelan dari biji bijian atau tempel benda / kertas dalam ukuran kecil, kolase memiliki Ciri tempelan tenda kertas dalam ukuran besar yang bercorak abstrak / teratur sedangkan montase bercirikan tempelan cuplikan/ potongan dari beberapa gambar berbeda yang sudah ada lalu disusun. menjadi tema baru.

SENI MUSIK

  1. Ansembel tunggal adalah Bermain alat musik sejenis secara bersamaan contoh Gondang Batak dan Sasando NTT.
  2. Ansambel Campuran adalah Bermain berbagai jenis alat musik yang berbeda secara bersamaan.
  3. Tindakan Apresiatif dapat dilakukansecara berulang-ulang seperti Mendengarkan, Berkarya, memberi tangapan / penilaian, mengomentari, mengamati, yang dilakukan secara berulang ulang dengan tujuan agar tetap lestari
  4. Cara bermusik dengan mulut di sebut Acapela.
  5. Penulisan lambang dinamika  lembut, keras, sedang dll seperti f, mf, dll untuk lengkapnya cari sendiri.
  6. Gelombang kerinduan akan nilai nilai keemasan Seni budaya yunani kuno / Romawi kuno yang telah lama punah terlahir kembali diwujudkan dalam gerakan Renaisance (Re = kembali, Neisance =  terlahir) maksudnya dengan renaisance maka semangat dan keemasan berkarya seni zaman yunani kuno terulang kembali pada masa Renaisance.
  7. Anonim ( NN) adalah Istilah untuk penulisan nama pencipta karya seni yang tidak ada penciptanya / tidak dikenal

Pembabakan / urutan zaman perkembangan seni rupa dan seni musik barat urutannya sebagai berikut:

  • Zaman Yunani – Romawi Kuno sebelum tahun 500 M
  • Zaman Abad Pertengahan tahun 500 – 1500 M
  • Zaman Reneisance  tahun 1450  –  1600 M
  • Zaman Barok-Rococo tahun 1600 – 1750 M
  • Zaman Klasik tahun 1730  –  1830 M
  • Zaman Romantisme 1830  –  1930 M
  • Zaman Abad 20
  • Zaman Modern
  • Zaman Kontemporer

 

Cari Contoh alat musik yang bersifat membranophone!

  1. Komposer adalah Orang yang melakukan aransemen lagu atas komposisi perubahan nada menjadi lagu baru
  2. Dirigen adalah pemimpin pembawa lagu / pemandu orang banyak ketika menyanyi
  3. Perbedaan musik daerah dengan musik antik dan Musik klasik adalah Musik daerah adalah sejenis musik yang lahir dan berkembang disuatu daerah tertentu, sedangkan Musik Antik  adalah sejenis musik tertentu di masa lalu yang dianggap sebagai karya musik yang memiliki keunikan/kekhasan sehingga dalam masa kini karya seni tersebut masih mempunyai penggemarnya/diistimewakan banyak orang karena dianggap memiliki nilai estetis yang tinggi Sementara yang dimaksud musik Klasik adalah karya seni / Karya seni musik masa lalu yang mampu meraih prestasi / nilai tertinggi / terbagus di masa lalu sehingga sampai saat ini tetap banyak pemnggemarnya.
  4. Kejelasan pengucapan bunyi syair lagu dapat  dapat dicapai dengan Artikulasi  yang benar
  5. Aransemen adalah kegiatan menambah | mengurangi nada, atau mengubah fennpo dan irama suatu lagu supaya lebih bagus dan Indah alunan musiknya.

Perbedaan alat musik membranophone, Aerophone, dan ldeophone, adalah :

  • Membranphone adalah alat musik yang mengandalkan media membran / corong / getaran body alat musik sebagai sumber bunyinya
  • Aerophone adalah alat musik yang mengandalkan media getaran udara sebagai sumber bunyinya
  • Ideophone adalah alat musik yang mengandalkan media body alat musik sebagai sumber bunyinya

Alat musik tiup secara  umum termasuk jenis  musik  ldrophone, atau jenis mana yang benar!

Apa  yang dimaksud  dengan:

  • Interval adalah jarak tangga nada
  • Interval ters
  • Dinamika
  • Tangga nada
  • Tempo
  • Nada enharmonis,
  • Arranger,
  • Composer,
  • Quartet dalam musik,

Tuliskan istilah Suara Rendah, Sedang, dan tinggi masing masing untuk pria dan wanita! Seperti ( Bass, Alto, Tenor, Bariton, Soprant, )

Contoh:

Bass suara rendah untuk…..

  • Alto suara …..
  • Tenor suara ….
  • Bariton suara ….
  • Sofran suara ….

 

Tuliskan pola jarak nada

  • Nada pentatonis adalah tangga nada yang terdiri atas lima susunan nada, dan banyak digunakan pd musik tradisional.
  • Nada kromatis adalah tanga nada yg terdiri atas 12 susunan nada dg jarak 1/2  kedepan kres ke belakang mol
  • Nada enharmonis dua nada atau lebih yang berbeda tetapi sama bunyinya
  • Nada diatonis adalah tangga nada yg memiliki deret nada yang berjarak 1 dan 1/2
  • Diatonis mayor adalah Tangga nada yang berjarak 1 –  1 –  1/2  –  1 – 1  –  1  –  1/2
  • Diatonis minor adalah tangga nada yang berjarak 1  –  1/2  – 1  –  1  –  1  –  1/2  –  1

Pencipta Angklung adalah Daeng Soetigna (1908 – 1984) diciptakan tahun 1938 di Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat.

  • Alat musik bassdrum, kendang, rebana dan  bedug adalah contoh alat musik Membranophone
  • Ansembel adalah Bermain musik secara bersama-sama dan dengan menggunakan beberapa alat musik yang berbeda-beda
  • Aransemen adalah upaya usaha untuk memberikan tambahan suara atau irama lain, dan disusun sedemikian rupa sehingga menambah keindahan dari karya musik itu sendiri
  • Cord adalah Tiga nada atau lebih yang dimainkan secara bersama-sama
  • Dilambangkan dengan  ( g  a  b  c  d  e  f#  g  )
  • Dinamik adalah Keras lembutnya volume suara pada musik
  • Interval “ters” memiliki tiga buah nada
  • Interval music adalah jarak antara satu nada dengan nada yang lain, baik secara melodis ataupun harmonis
  • Jarak ini  1    1    ½    1    1    1    ½      merupakan jenis nada diatonis mayor
  • Mendengarkan salah satu lagu daerah nusantara secara berulang-ulang dengan tujuan untuk merasakan adanya keunikan dan keindahan karya tersebut, dapat diartikan sebagai tindakan  apresiatif
  • Nada Enharmonis adalah Dua atau tiga nada yang berbeda tulisan tetapi sama bunyinya
  • Nada Enharmonis untuk nada  G# (gis) adalah Ab (As)
  • Selain unsur-unsur pokok, musik juga mempunyai unsur-unsur pendukung. Di bawah ini adalah unsur-unsur pendukung yang terdapat di setiap karya-karya musik  berupa warna suara , dinamik , tempo
  • Tanda dinamik yang melambangkan Volume suara “ agak lembut” pada tulisan partitur music disebut mp  (mezzopianto)
  • Tangga  nada diatonis Mayor adalah “do (1) : … “,  maka semua nada dasar untuk tangga nada diatonis Minor  la (6)
  • Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang menggunakan  lima  nada dalam satu oktafnya
  • Unsur pokok / utama yang terdapat dalam musik diantaranya : melodi, irama & birama, harmoni
  • Urutan nada  “Do, Mi, Fa, So, Si, (Do)” adalah nada-nada yang digunakan pada awal  lagu “Manuk Dadali”, urutan tangga nada pentatonic laras pelog
  • Urutan nada “La, Si, Do, Re, Mi, Fa, So, La” disebut urutan tangga nada diatonis minor
  • Urutan nada-nada dari tangga nada 1# (1 kres) yaitu tangga nada “ G mayor ” tertulis dengan  g  a  b  c  d  e  f#  g  

#*Prioritas terbaru#*

RINGKASAN LAMA

BACAAN RINGAN MENGENANG APA YANG TELAH DIPAHAMI

TENTANG SEKELUMIT SENI RUPA

  • Banyak hal yang mendukung pernyataan bahwa Patung-patung Asmat yang masih bersifat Primitif dari daerah Irian Jaya merupakan karya seni yang dapat menghasilkan devisa bagi negara. Dengan mengamati pernyataan tersebut, jenis karya seni patung tersebut lebih cocok dikatakan sebagai karya yang bersifat komersial  Akan tetapi zaman sekarang ini meskipun bersifat sosial seperti karya Patung di Ambarawa, yang difungsikan sebagai lambang / simbol perlawanan rakyat Ambarawa dalam perang melawan penjajah Belanda dalam era mempertahankan kemerdekaan NKRI, Patung-patung tersebut tetap saja ada nama seniman itu pun kalau kita telusuri sampai pada penelitian siapa pembuatnya Begitu pula pada karya seniman patung asmat. Patung di Ambarawa ini lebih dikenal dengan sebutan Palagan. Sementara karya patung zaman prasejarah semuanya bersifat anonym
  • Bayang-bayang merupakan kesan gelap-terang yang memberi kesan tiga dimensi pada benda yang kita gambar. Nama lain bayang-bayang adalah shadow.
  • Bentuk gambar lucu untuk hiburan / bacaan santai =Kartoon
  • Bentuk gambar yang dibuat dengan menstilir / menggayakan bentuk benda semula  =DEKORATIF
  • Bentuk kubistis: bentuk yang menyerupai kubus / kotak / balok. Contohnya lemari, meja kemasan teh kotak dsb.
  • Buku kecil atau Brosur yang isinya tentang : Kegiatan Pameran (Tempat dan Waktu), Data Karya yang dipamerkan , beserta Biodata Seniman. Kita kenal dengan istilah Catalog
  • Cikal bakal terlahirnya kelompok seniman Pointilisme di zaman Renaisance akhir merupakan kelanjutan Proses Kreatifitas Seniman Kelompok Studio yang merasa jenuh berkreatifitas dalam istana saat itu. Kelompok seniman ini kemudian dikenal orang dengan sebutan kelompok seniman Pengembara yang akhirnya menjelma menjadi suatu kelompok seniman Pointilisme.  Yang dimaksud dengan kelompok seniman pengembara tersebut adalah kelompok seninam Barbizon
  • Cikal bakal terlahirnya aliran karya seni (X) merupakan kelanjutan Proses Kreatifitas Seniman Kelompok Barbizon yang mengubah gaya sapuan kuas menjadi sapuan pendek dan akhirnya membentuk pola noktah warna dalam ukuran kecil. Corak lukisan ini kemudian dikenal orang dengan sebutan gaya lukis Post Impresionisme yang akhirnya menjelma menjadi suatu aliran karya seni (X).  Yang dimaksud dengan (X) adalah Pointilisme
  • Corak batik yang bukan berornamen Flora memiliki ciri corak gambar tumbuhan
  • Dengan diadakannya pameran Seni Rupa terbuka akan memberi peluang bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Seni Rupa, karena kegiatan pameran ini berfungsi sebagai Media Edukasi
  • Fungsi gambar ilustrasi secara umum =MENJELASKAN
  • Fungsi gambar persepektif secara umum adalah supaya kita dapat menggambarkan kesan objek benda sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Istilah dalam gambar Perspektif diantaranya titik lenyap / titik hilang, garis horizontal.
  • Gambar ekspresi adalah ungkapan gagasan atau perwujudan jiwa yang indah melalui gambar ekspresionisme adalah suatu aliran seni yang lebih mengutamakan ungkapan / curahan jiwa  dan rasa kedalam bentuk gambar.
  • Gambar ilustrasi yang dibuat untuk kepentingan propaganda social, politik yang sifatnya kritikan yang menghibut dapat diwujudkan dalam bentuk Gambar Karikatur
  • Gambar ilustrasi yang garapan pembuatannya mirip dengan bentuk aslinya (REALIS)
  • Gambar Ilustrasi yang menghiasi bidang kosong pada halaman majalah, Koran atau media cetak lainnya, terutama pada bagian halaman yang berisi puisi atau majalah (VIGNETTE)
  • Gambar kartun disebut juga gambar animasi lucu yang bertujuan menghibur orang. Gambar kartun dapat diangkat pada sebuah Film animasi seperti kartun keluarga popey, disney, winnie the pooh dsb.
  • Gambar realis artinya bentuk gambar yang dibuat mirip dengan bentuk aslinya / bentuk sebenarnya.
  • Gambar yang disajikan dalam bentuk cerita / dilengkapi dengan cerita / percakapan (COMIK)
  • Gambar yang garapan bentuknya dan karakternya dibuat mirip model aslinya  kita kenal dengan corak Gambar Realis
  • Garapan bentuk gambar yang melebihi karakter, suasana dan pesan yang disampaikan kebanyakan digunakan untuk mengkritik tokoh tertentu  (KARIKATUR), Karikatur = ( Italia ) CARICATURE
  • Istilah ilustrasi diambil dari bahasa latin “ilustrare” yang berarti menjelaskan tujuan untuk menjelaskan suatu naskah.
  • Istilah Reklame berarti Seruan untuk pemberitahuan, ajakan atau himbauan dari penghasil jasa yang dilakukan secara berulang-ulang supaya masyarakat menuruti apa yang diserukan dalam iklannya.
  • Jenis Reklame yang di sampaikain kepada masyarakat dengan cara direntangkan,dan terbuat dari bahan kain. Jenis  reklame ini  diperuntukan bagi banyak orang.  Jenis reklame ini adalah Spanduk
  • Jika memperhatikan spontanitas garis kasar dengan warna yang sangat lugas pada lukisan Vincent Van Goh, dapat kita pastikan bahwa karya lukis tersebut Beraliran Ekspresionisme
  • Kalau kita amati seluruh karya Lukis yang bergaya Romantisme memiliki tampilan khas yang sangat menarik, memberikan kesan teduh dan nyaman yang teramat namun demikian jenis karya seni ini kerap kali diwarnai sifat yang sangat ekstrim yakni sifat emosional yang dipenuhi Kegetiran, ketegangan, emosi, kesedihan, pertentangan
  • Karya seni yang tercipta berdasarkan nilai fungsi tertentu, dimakan karya seni terapan
  • Katalog kegiatan berupa buku kecil atau Brosur yang isinya tentang : Kegiatan Pameran (Tempat dan Waktu), Data Karya yang dipamerkan , Biodata Pameran.Seniman
  • Kegiatan seseorang untuk menyatakan isi hati dengan menggunakan norma-norma seni dinamakan Aktivitas pencipta seni
  • Dengan diadakannya pameran akan membuka peluang untuk bagi masyarakat untuk
  •  Melakukan kegiatan penilaian, (Apresiasi)
  • Melakukan kegiatan pembelajaran untuk menambah ilmu dan wawasan tentang seni yang dipamerkan (Educasi)
  • Kelompok seniman Barbizon menghasilkan corak karya seni Lukis yang terkesan penuh dengan tabir kabut sehingga semua objek gambar terlukiskan serba samar-samar, hal ini merupakan ciri utama dari aliran Seni Lukis Impresionisme
  • Komposisi : susunan atau tata letak dari benda yang kita gambar. Suatu gambar yang komposisinya baik akan terlihat lebih dinamis dalam arti lain akan nampak seimbang antara besar objek dan bidang kertas yang kita gunakan.
  • Kota Jepara di Jawa Tengah terkenal dengan karya seni Ukir
  • Lukisan Monalisa karya Leonando Da Vinci merupakan karya lukis yang fenomenal walaupun demikian lukisan tersebut bergayakan aliran naturalism yang kental.
  • Manfaat/Fungsi Pameran secara langsung yakni berupa: Media Komunikasi, Media Apresiasi
  • Media Apresiasi yakni dengan diadakannya kegiatan ini maka pameran akan membuka peluang untuk bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan Apresiasi.
  • Media Komunikasi yakni melalui kegiatan berpameran seniman dapat menyampaikan ide, gagasan, dengan pesan simbolik yang diwujudkan dalam bentuk karya seni.
  • Menggambar bentuk tidak sama dengan gambar ekspresi ataupun dengan menggambar dekoratif, alasannya:Menggambar bentuk memerlukan model benda yang harus kita amati dan tidak boleh ciptaan sendiri/ imajinasi semata bentuknya.
  • Menggambar merupakan proses menampilkan ulang hasil rekaman daya imajinasi  akan bentuk-bentuk benda kedalam bentuk dua dimensi (gambar). Untuk menggambarkan benda dengan baik kita harus mengingat bentuk dasar benda yang akan kita gambarkan.  Hal ini berarti kita mampu manyatakan kembali hasil pengamatan yang indah terhadap suatu bentuk benda pada bidang datar.
  • Monokromatis perpaduan satu jenis keluarga warna yang sama. Contoh: biru muda dengan biru tua.
  • Mozaik    pertama kali dibuat pada masa akhir zaman Renaisance berupa lukisan yang dibuat dari bahan tempelan biji-bijian jadi satu tema gambar baru
  • MOZAIK merupakan karya seni rupa yang dibuat dengan cara tempelan. Bahan dasar seni mozaik pertama kali dibuat dari bahan biji-bijian kemudian berkembang dengan menggunakan serkuk / sobekan kertas dalam ukuran kecil, sedangkan yang dibuat dalam ukuran sobekan kertas dalam ukuran besar dinamakan KOLASE.
  • Nama lain gambar bentuk adalah gambar alam benda (Style life ).
  • Pameran karya seni dua dimensi. (Gambar, lukisan, seni Grafis) Karya ini hanya dapat diamati dari satu arah.
  • PATUNG FIGURATIF biasanya dibuat beracuan pada bentuk yang bersifat alami (Natural), oleh karena itu jenis patung figuratif ini memiliki bentuk naturalis
  • PATUNG SETENGAH BADAN dari dada sampai kepala dinamakan patung boss, TORSO merupakan patung manusia dari paha sampai bagian leher, sedangkan ZONDE merupakan jenis patung manusia yang semua bagian anggota badannya dibuat dalam keadaan jongkok, dan jenis patung FREE STENDING merupakan jenis patung manusia yang semua bagian anggota badannya dibuat dalam keadaan berdiri tegak.
  • Pemandangan Alam (Inggris) (LANDSCAPE)
  • Pengrajin Seni Ukir Perak yang sangat terkenal ke manca Negara dihasilkan dari Yogyakarta
  • Penyelesaian arsiran gambar dengan menggunakan teknik gosokan serbuk warna pada gambar yang sedang diarsir, lebih dikenal dengan sebutan Teknik arsiran Dusell
  • Perencanaan dari suatu kegiatan biasanya dibuat secara tertulis dalam bentuk Proposal. Proposal Pameran biasanya berisi tentang ketentuan-ketentuan mengenai:Tema Pameran, Rencana Kegiatan, Program kegiatan, Ketentuan Tempat dan Waktu Kegiatan termasuk penyediaan Sapras
  • Pointilis.Point=titik: menggambar dengan arsiran titik-titik pada benda  yang sedang kita arsir.
  • Poster adalah Reklame yang di sampaikain kepada masyarakat dengan cara ditempelkan, selembar reklame untuk orang banyak).
  • RELIEF merupakan jenis karya seni patung yang dibuat dengan cara pengolahan permukaan depan saja dari bahan patung sehingga bagian belakang hanya sebagai back ground saja
  • S.Soedjojono bersama Agus Djaja mendirikan PERSAGI” pada tahun 1937, dengan tujuan untuk Mempersatukan Ahli Gambar Se-Indonesia
  • Salah satu wujud garapan gambar ilustrasi  (CARTOON)
  • Sarpador Dali merupakan seorang Tokoh seniman lukis yang beraliran Surealisme dengan karya termashurnya Lukisan Makhluk Ghaib “Boroq” dari Riwayat Isra Mi’raj yang ia jelmakan dapam lukisan Kuda Khayangan yang berkepala seorang Bidadari Syurgawi
  • Sapras Pendukung Kegiatan Pameran : Kartu Undangan, Katalog
  • Selain itu gambar ilustrasi dapat difungsikan untuk menghiasi halaman buku, majalah dan surat kabar. Gambar jenis ini disebut dengan vignett.
  • Seni Murni (Fine Art/Fure Art) Karya seni ini lebih menekankan pada segi nilai ekspresi / pencurahan emosional dan landasan-landasan Philosofis yang diwujudkan dalam bentuk karya. Hal ini berarti dalam proses berkarya Seni Murni tidak menekankan pada nilai guna/fungsi secara fisik(lukisan untuk Penyekat ruangan dll) dari karya yang dibuat, karena jenis ini merupakan ciri utama dari karya seni terapan.
  • Seni Terapan (Applide Art/Usefull Art) Karya semacam ini yaitu jenis karya yang dibuat dengan pertimbangan nilai kegunaan/fungsi fisiknya dapat dimanfaatkan untuk apa nantinya. Seperti Kraya seni Ukir Kursi Jepara untuk duduk,  Karya Patung untuk unsur dekorasi Taman dll.
  • Seniman  ilustrasi (ILUSTRATOR), Ilustrasi        ( Latin ) (ILUSTRARE)
  • Seniman Karikatur    (KARIKATURIS) sedangkan seniman kartun (KARTUNIS)
  • Seniman patung zaman dahulu  dengan zaman sekarang sangat berbeda terutama dalam segi pengenalan sipembuatnya, kalau zaman dulu bersifat Anonim (tidak dikenal) dan fungsinya lebih bersifat  magis /mendekati fungsi sacral. Sebagai contoh dapat kita jumpai pada kegiatan Peringatan acara adat yang melibatkan karya patung sebagai unsur pendukungnya. sedangkan karya patung saat ini fungsinya kebanyakan lebih bersifat propan (keduniawian) dapat kita jumpai pada kegiatan Mendekor suatu ruangan dengan beberapa karya patung, yang akan digunakan untuk berpameran atau kegiatan tertentu yang bersifat seremonial.
  • Seniman yang beraliran ekspresionisme dari indonesia adalah AFFANDI
  • Spanduk adalah Reklame yang terbuat dari kain yang direntangkan diatas pusat keramaian, seperti disamping gedung, dipersimpangan jalan yang ujung kainnya diikat pada tiang yang telah dipersiapkan.
  • Style life  (ALAM BENDA)
  • Susunan atau tata letak dari benda yang kita gambar, sehingga terlihat lebih dinamis nilai keseimbangannya antara besar objek dan bidang kertas yang kita gunakan, dapat dicapai melalui garapan Komposisi
  • Tokoh seniman lukis Ekspersionisme Indonesia yang sangat terkenal adalah Affandi
  • Tujuan pembuatan reklame Non komersial artinya bukan untuk mencari keuntungan materi. Dengan Ciri Beritanya bersifat objektif dan bersifat  jujur.
  • Warna tertier : warna yang dihasilkan dari pencampuran skunder dengan warna primer, warna skunder dengan warna skunder. contohnya: biru kemerah-merahan (campuran biru dengan jingga dominan merahnya.
  • Batik Pada awalnya merupakan Karya seni batik tulis dengan menggambarkan berbagai motif / ornament. Ornamen batik secara umum terdiri ornament Flora (Stylasi tumbuhan), dan Ornament fauna (stylasi Binatang) yang digambarkan pada kain. Karya batik merupakan karya seni dua dimensi yang menggunakan media kain dan cairan malam yang dilelehkan dan tuliskan dengan alat canting Ganting. Kemudian berkembang dengan teknik cap dan printing, sehingga kita mengenal batik Tulis, Batik cap, dan batik printing. Diantara ketiga jenis batik tadi, batik tulislah yang harganya paling mahal
  • Peristiwa penting setelah terbentuknya PERSAGI 1937 adalah dapat bersatunga para Ahli Gambar seluruh Indonesia sehingga melalui para seniman yang tergabung didalamnya mereka dapat memupuk rasa cinta Budaya sendiri sebagai pengenal ciri bangsa Indonesia dan landasan moral dalam berkarya seni.
  • Ciri khas lukisan Chines Painting dapat kita amati dari bentuk objek (bambu, vanda), cara pewarnaan (pewarnaan yang serba efisien dengan warna-warna ceria)dan cara komposisi perspektifnya (berkomposisi perspektif gunung) yang sangat khas dengan gaya lukis khas Oriental (berorientasi/mengacu pada objek/ tema dari adat dan budaya orang-orang tradisional setempat yang sangat kental).
  • Kebudayaan terbentuk atas unsur universal yang mewakili cipta, rasa, karsa diantaranya : Bahasa, Pengetahuan, Organisasi Sosial, Teknologi, Ekonomi, Relizi, Kesenian.
  • Seni Murni biasanya hanya dimiliki oleh satu orang merupakan karya seni yang orisinal dibuat dengan dilandasi kejiwaan dan landasan Philosophyis yang tidak dapat dipalsukan. Karya seni ini bukan hasil peniruan atau Imitasi dari karya yang telah ada, Karena imitasi adalah salah satu insting alam tiruan yang bertolak belakang dengan dengan semangat seni tersebut. Walaupun diwarnai kekayaan harmoni dan ritme menjadi sebuah bagian  sangat dinamis. Dalam hal ini kebanyakan Manusia, memulainya dari hadiah alam yang kemudian dikembangkan dengan sifat masing-masing, hingga kemudian improvisasi-improvisasi yang mereka buat melahirkan seuatu yang kaya karya dari satu ide.
  • Berdasarkan para ahli seni dari masa ke masa dapat disimpulkan bahwa seni itu sangat dinamis karena setiap tokoh memberikan devinisi yang sangat dinamis, bervariatif, namun demikian esensialnya tetap sama yaitu seni adalah seni sebagai tiruan esthetic alamiah sebagaimana plato mengemukakan bahwa seni adalah Arts Of Mimesiss (seni adalah sebagai tiruan alam).
  • Alat musik bassdrum, kendang, rebana dan  bedug adalah contoh alat musik Membranophone
  • Ansembel adalah Bermain musik secara bersama-sama dan dengan menggunakan beberapa alat musik yang berbeda-beda
  • Aransemen adalah upaya usaha untuk memberikan tambahan suara atau irama lain, dan disusun sedemikian rupa sehingga menambah keindahan dari karya musik itu sendiri
  • Cord adalah Tiga nada atau lebih yang dimainkan secara bersama-sama
  • Dilambangkan dengan  ( g  a  b  c  d  e  f#  g  )
  • Dinamik adalah Keras lembutnya volume suara pada musik
  • Interval “ters” memiliki tiga buah nada
  • Interval music adalah jarak antara satu nada dengan nada yang lain, baik secara melodis ataupun harmonis
  • Jarak ini  1    1    ½    1    1    1    ½      merupakan jenis nada diatonis mayor
  • Mendengarkan salah satu lagu daerah nusantara secara berulang-ulang dengan tujuan untuk merasakan adanya keunikan dan keindahan karya tersebut, dapat diartikan sebagai tindakan  apresiatif
  • Nada Enharmonis adalah Dua atau tiga nada yang berbeda tulisan tetapi sama bunyinya
  • Nada Enharmonis untuk nada  G# (gis) adalah Ab (As)
  • Selain unsur-unsur pokok, musik juga mempunyai unsur-unsur pendukung. Di bawah ini adalah unsur-unsur pendukung yang terdapat di setiap karya-karya musik  berupa warna suara , dinamik , tempo
  • Tanda dinamik yang melambangkan Volume suara “ agak lembut” pada tulisan partitur music disebut mp  (mezzopianto)
  • Tangga  nada diatonis Mayor adalah “do (1) : … “,  maka semua nada dasar untuk tangga nada diatonis Minor  la (6)
  • Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang menggunakan  lima  nada dalam satu oktafnya
  • Unsur pokok / utama yang terdapat dalam musik diantaranya : melodi, irama & birama, harmoni
  • Urutan nada  “Do, Mi, Fa, So, Si, (Do)” adalah nada-nada yang digunakan pada awal  lagu “Manuk Dadali”, urutan tangga nada pentatonic laras pelog
  • Urutan nada “La, Si, Do, Re, Mi, Fa, So, La” disebut urutan tangga nada diatonis minor
  • Urutan nada-nada dari tangga nada 1# (1 kres) yaitu tangga nada “ G mayor ” tertulis dengan  g  a  b  c  d  e  f#  g                                                   
  • Ciri karya seni terapan adalah lebih dominan pemanfaatan wujud fisiknya
  • Ciri khas gambar dengan tampilan objek realisme adalah Gambar yang garapan bentuknya dan karakternya dibuat mirip model aslinya
  • Aktivitas pencipta seni yang paling mudah dilakukan, melalui Aktivitas imaginative
  • Mozaik  yang paling awal dibuat dengan cara tempelan biji-bijian
  • Jenis Reklame yang di sampaikain kepada masyarakat dengan cara direntangkan,dan terbuat dari bahan kain : sepanduk
  • Kelompok seniman Barbizon menghasilkan corak karya seni Lukis yang terkesan penuh dengan tabir kabut sehingga semua objek gambar terlukiskan serba samar-samar, hal ini merupakan ciri utama dari aliran lukisan Impresionisme
  • Penyelesaian gambar dengan menggunakan alat cap / stempel dapat disebut juga teknik tera
  • Spontanitas  garis kasar dengan warna yang sangat lugas pada lukisan Affandi merupakan cirri utama lukisan yang beraliran Ekspresionisme
  • Secara umum seluruh karya Lukis yang bergaya Romantisme memiliki tampilan khas yang sangat menarik, memberikan kesan teduh dan nyaman yang teramat namun demikian jenis karya seni ini kerap kali diwarnai sifat emosional yang sangat ekstrim karena diwarnai dengan sikap dan perasaan tentang kesedihan, ketegangan, emosi, pertentangan, kegetiran
  • Ukir Perak yang sangat terkenal ke manca Negara dihasilkan oleh pengrajin dari Yogyakarta
  • Sejarah seni rupa barat telah membuktikan bahwa aliran karya seni Istana Sentris merupakan latar belakang Proses Kreatifitas Kelompok Seniman di luar studio yang mengubah gaya sapuan kuas menjadi sapuan pendek dan akhirnya membentuk pola noktah warna dalam ukuran kecil. Corak lukisan ini kemudian menjelma menjadi suatu aliran karya seni yang menggemparkan dunia waktu itu, yang waktu itu sangat menghebohkan dunia.
  • Gambar ilustrasi yang dibuat untuk kepentingan propaganda social-politik yang sifatnya kritikan adalah Karikatur
  • Karya seni ini lebih menekankan pada segi nilai ekspresi / pencurahan emosional dan landasan-landasan Philosofis yang diwujudkan dalam bentuk karya karena dalam proses berkarya Seni Terapan tidak menekankan pada nilai guna/fungsi secara fisik dari karya yang dibuatnya, karena jenis ini merupakan ciri utama dari karya seni murni.
  • Dengan diadakannya pameran akan membuka peluang untuk bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan penilaian, karena kegiatan pameran memiliki fungsi sebagai Media Apresiasi
  • Lukisan  Vincent Van Goh beraliran Ekspresionisme
  • Montase   merupakan Gambar yang dibuat dengan tempelan beberapa gambar jadi satu tema gambar baru
  • Patung setengah badan dari dibuat dari dada sampai kepala dinamakan patung Boss
  • Canting adalah alat untuk menuliskan malam pada kain. Canting ini terbuat dari logam. Bentuknya seperti penyiruk/gayungan terbalik yang mana bagian ujung bawahnya berbentuk tabung kecil tempat mengalirkan cairan panas malam ketika menuliskan motif batik pada kain.

2 Responses to BACAAN RINGAN USL 2014

  1. Cherrysha Claudia mengatakan:

    terimakasih pak Agus😀

Tinggalkan Pesan Anda di sini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: