Sebagian Kecil Cara Hidup Sehat Jasmani Dan Ruhani Yang Disyariatkan Rasulullah Muhammad Saw.


  • Pemaaf,
  • Tidak Pemarah,
  • Selalu Bangun Sebelum Subuh,
  • Aktif Menjaga Kebersihan,
  • Tidak Pernah Makan Berlebihan,
  • Gemar Berjalan Kaki,
  • Optimis Dan Tidak Putus Asa,

Pemaaf

Pemaaf adalah kunci untuk meraih ketenteraman hati dan jiwa. Memaafkan orang lain membebaskan diri kita dari belenggu kesal, ego, iri, dengki, kemarahan dan banyak lagi penyakit jiwa yang lainnya. Sekiranya kita marah, maka marah itu melekat pada hati. Justru, jadilah seorang yang pemaaf kerana yang pasti badan sehat.

Tidak Pemarah

Nasihat Rasulullah ‘jangan marah’ diulangi sampai tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kesihatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasad, tetapi lebih kepada kebersihan jiwa. Ada terapi yang tepat untuk menahan perasaan marah yaitu dengan mengubah posisi ketika marah, bila berdiri, maka hendaklah kita duduk dan apabila sedang duduk, maka perlu berbaring. Kemudian membaca Ta’awwudz karena marah itu terjadi akibat dorongan syaithan, segera mengambil wudhu’ dan sholat dua rakaa’t untuk menenangkan diri serta menghilangkan kesal, marah dan gundah di hati.

Selalu Bangun Sebelum Subuh

Rasulullah mengajak umatnya untuk bangun sebelum Subuh bagi melaksanakan sholat sunnah, sholat fardhu dan sholat Subuh secara berjemaah. Hal ini memberi hikmah yang mendalam antaranya mendapat limpahan pahala, kesegaran udara Subuh yang baik terutama untuk merawat penyakit tibi serta memperkuatkan akal fikiran.

Aktif Menjaga Kebersihan

Rasulullah sentiasa bersih dan rapi. Setiap Kamis atau Jum’at, Baginda mencuci rambut halus di pipi, memotong kuku, bersikat serta memakai minyak wangi.

“Mandi pada hari Jum’at adalah sangat dituntut bagi setiap orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan pemakai harum-haruman.” (HR. Muslim)

Tidak Pernah Makan Berlebihan

Sabda Rasulullah saw yang bermaksud: “Kami adalah satu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan apabila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan).” (Muttafaq Alaih)

Dalam tubuh manusia ada tiga ruang untuk tiga benda: Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan. Bahkan ada satu pendidikan khusus bagi umat Islam yaitu dengan berpuasa pada Ramadan dan selalu berpuasa sunnah yang sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kesehatan jiwa dan raga.

Gemar Berjalan Kaki

Rasulullah berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad dan mengunjungi rumah sahabat. Apabila berjalan kaki, peluh pasti mengalir, roma terbuka dan peredaran darah berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan kita yang selalu naik kendaraan walaupun jarak tempuhnya dekat. Kalau pun beliau menaiki kendaraan itu jarang sekali. Hal ini Beliau lakukan jika jarak tempuhnya sangat jauh dan ketika memarkir kendaraan selalu ditempatkan tepat dihadapan tempat tujuan. Hal ini mengisyaratkan ketentraman dan kenyamanan untuk lingkungan, yang dapat memberikan keikhlasan dan keridhaan dari penduduk setempat dengan doa’ yang baik bagi karena Beliau selalu bertindak diatas hak dan kepentingan umat.

Optimis Dan Tidak Putus Asa

Sikap optimis memberikan kesan emosional yang mendalam mewarnai kelapangan jiwa, memupuk kesabaran, istiqamah, dan bekerja keras serta tawakkal kepada Allah SWT.

Itulah sebagian kecil kebiasaan Beliau, Semoga ini dapat kita tauladani agar kita menjadi insan yang sehat jasmani dan ruhani sehingga kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat dapat kita raih dalam Rhida-Nya…. Sang Ilaahii Rabbii,…. Amiin.

Dari berbagai sumber :

oleh Agus Masdar pada 2 Desember 2012 pukul 19:29 · telah terbit di fb

Jika ada tambahan content dalam bentuk apapun yang bertentangan dengan tema pembahasan yang admin maksudkan, itu semuanya bukan postingan admin mohon maklum adanya

Tinggalkan Pesan Anda di sini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: