Menggambar


Menggambar merupakan proses menampilkan ulang  dari hasil perekaman daya imajinasi  akan bentuk-bentuk benda kedalam bentuk dua dimensi (gambar). Untuk dapat menggambarkan suatu benda dengan baik kita harus mampu mengingat bentuk dasar benda yang akan kita gambarkan. Dengan demikian berarti kita mampu manyatakan kembali hasil pengamatan yang terhadap suatu bentuk benda pada bidang datar kedalam bentuk gambar
 

Gambar merupakan karya seni dua dimensi.

Jenis-jenis gambar:

Secara umum terdiri atas gambar bentuk, gambar ekspresi, gambar ilustrasi, gambar mistar (gambar perspektif, gambar proyeksi, gambar geometris).

GAMBAR BENTUK

Gambar bentuk dibuat berdasarkan garis, dan bentuk benda geometris.

Objek benda yang biasa dijadikan objek pada gambar bentuk adalah sejenis benda geomertis dan benda-benda dari sekeliling kita yang dijadikan contoh. Benda geometris terdiri atas bentuk kubus, balok, limas, kerucut, silinder, dan  bola.

Nama lain gambar bentuk adalah gambar alam benda ( Style life ). Apabila kita mengamati benda-benda tersebut kemudian kita gambarkannya sesuai dengan bentuk aslinya baik garis, bentuk, warna dan komposisinya, hal ini berarti kita sedang menggambar bentuk/menggambar alam benda

Menggambar bentuk tidak sama dengan gambar ekspresi ataupun dengan menggambar dekoratif

MACAM-MACAM OBJEK GAMBAR BENTUK

  1. Bentuk Kubistis
  2. Bentuk Silindris
  3. Bentuk bebas

BENTUK KUBISTIS

Yang dimaksud bentuk kubistis adalah: bentuk yang menyerupai kubus / kotak / balok. Contohnya lemari, meja kemasan teh kotak dsb.

BENTUK SILINDRIS

Yang dimaksud bentuk silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai tabung / silinder. Contihnya gelas, piala, gelas, botol, ember dsb.

PENYELESAIAN GAMBAR BENTUK

Penyelesaian gambar bentuk dapat dilakukan dengan cara pengarsiran. Adapun pengarsiran minimal dapat dilakukan dengan cara Arsir garis, Arsir pointilistik (Titik-Titik) dan Pewarnaan.

.  Pembekalan Praktika Menggambar Bentuk

Teknik adalah cara-cara yang lajim kita gunakan untuk melakukan sesuatu. Teknik menggambar adalah cara-cara yang lajim kita gunakan untuk membuat suatu gambar. Adapun cara menggambar dapat kita bedakan dengan cara; linier, blok, arsir, dusel, dan pointilis.

Dalam pembahasan lain diterangkan juga tentang cara mengarsir dapat dilakukan dengan istilah:

  1. Arsir teknik linier merupakan cara menggambar objek dengan garis. Garis merupakan unsur pembentuk yang lebih sederhana setelah titik.
  2. Arsir teknik blok merupakan  cara menggambar dengan menutup objek dengan satu warna sehingga hanya bentuk global yang nampak (Silhuet ).
  3. Arsiran teknik arsir biasa merupakan cara menggambar dengan garis-garis ketika kita memberi kesan gelap terang objek sehingga nampak seperti benda tiga dimensi.
  4. Arsiran teknik dusel (gosokan) merupakan cara menggambar dengan menggunakan gosokan / goresan pensil yang direbahkan. Pada teknik gosokan biasanya menggunakan serbuk warna.
  5. Arsiran Teknik pointilis (Point=titik) merupakan cara menggambar dengan menggunakan arsiran titik-titik pada benda  yang sedang kita arsir.

Perhatikan contoh bibawah ini! cari dan tentukan jenis arsirannya sesuai dengan devinisi diatas.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dari berbagai sumber by Masdar.

2 Responses to Menggambar

  1. muslimshares mengatakan:

    nice blog gan
    kalo berkenan mampir ke blog ane yuk sekalian tukeran link.

    salam,
    muslimshares
    http://muslimshares.wordpress.com

    • bizisartstudio mengatakan:

      alhamdulillah….mudah-mudahan ini awal dari keridhoan illahi….
      Maaf baru koment….Insya Alloh… ditunggu…

      Dalam hal conten dan Tampilan, Kami mohon maaf kalo ada conten yang kurang pas dan saat ini banyak perubahan baik dalam tampilan maupun dalam isi pesan…. ini masih dalam tahap awal ol….saya tunggu koreksi dan masukannya atas content yang kami post-kan saat ini…

Tinggalkan Pesan Anda di sini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: